Senin, 01 Maret 2010

Mengatasi Cat Kusam


Banyak penyebab timbulnya cat kusam, mulai dari cara perawatan atau pembersihan tidak sempurna, pengaruh cuaca, sampai usia cat yang menua. Banyak cara agar body motor tetap kemilau, salah satunya mekanisme perawatan yang benar. Tidak tepat dalam merawat serta salah penggunaan bahan perawatan, membuat cat jadi kusam. Ada solusi mudah dan murah untuk mengembalikan kemilau cat. Simak langkahnya. Banyak penyebab timbulnya cat kusam, mulai dari cara perawatan atau
pembersihan tidak sempurna, pengaruh cuaca, sampai usia cat yang menua. Banyak cara agar body motor tetap kemilau, salah satunya mekanisme perawatan yang benar. Tidak tepat dalam merawat serta salah penggunaan bahan perawatan, membuat cat jadi kusam. Ada solusi mudah dan murah untuk mengembalikan kemilau cat. Simak langkahnya.

1. ALAT atau BAHAN
Untuk mengembalikan kilau cat, sediakan ampelas no.2000 (tipikal paling
halus), kompon putih, cairan 'Turtle Wax', sabun cuci/colek, lap bersih,
dan air biasa. Jumlah atau volume dari bahan-bahan itu secukupnya saja.

2. CUCI DAHULU
Bersihkan dahulu permukaan body dengan mencucinya seperti biasa untuk
menghilangkan kotoran seperti debu atau pasir. Biarkan sampai kering
sebelum melakukan pembersihan cat. Tahap pertama, gosok permukaan cat yang kusam (biasa disebut kulit jeruk)dengan ampelas halus. Lanjutkan dengan menggunakan air dan sabun untuk menjamin kehalusan dan kebersihan. Setelah selesai, biarkan beberapa menit.

3. GOSOK PERLAHAN
Selanjutnya oleskan kompon putih dipermukaan yang sudah diampelas itu.
Gosok bagian itu dengan lap bersih secara perlahan.Untuk memudahkan
menggosok tambahkan sedikit air. Gosok secara membulat atau membentuk lingkaran searah jarum jam dari bentuk bulatan kecil, kemudianmembesar seraya sedikit ditekan. Penggosokan dapat dilakukan berulang-ulang, tapi dua kali saja biasanya sudah lebih dari cukup.
Oleskan Turtle Wax. Penggunaan bahan oles ini untuk lebih mengilapkan cat. Caranya serupa proses pemakaian kompon. Setelah selesai, bersihkan dengan lap. Prosesnya mudah, tapi hasilnya maksimal menghilangkan kusam.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar